farm business

Sistem Pertanian dan Pangan di Amerika Latin dan Karibia Siap untuk Perubahan Transformasional

WASHINGTON, 12 November 2020 — Ketika pertanian dan sistem pangan di seluruh Amerika Latin dan Karibia (LAC) mencoba untuk pulih dari dampak pandemi COVID-19, pembuat kebijakan harus bertindak untuk melepaskan potensi besar sektor ini untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif selama beberapa dekade yang akan datang, menurut laporan baru Bank Dunia.

Sektor pertanian di LAC memainkan peran penting dalam menghasilkan makanan dan jasa ekosistem yang bermanfaat tidak hanya bagi wilayah ini tetapi juga seluruh planet. Saat ini, jutaan petani dan pemelihara ternak di seluruh wilayah berjuang untuk mengatasi dampak krisis kesehatan global, perlambatan ekonomi, guncangan cuaca yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan krisis migran yang melumpuhkan. Reformasi diperlukan agar sektor ini memainkan peran yang lebih penting lagi dalam mendukung pemulihan kawasan dari krisis Covid-19, penghapusan kemiskinan ekstrem, dan peningkatan kemakmuran bersama.

“Krisis pandemi membuat kita memikirkan kembali masa depan Amerika Latin” kata Wakil Presiden Bank Dunia untuk Wilayah Amerika Latin dan Karibia Carlos Felipe Jaramillo. “Kita membutuhkan sektor pertanian yang dapat memenuhi kebutuhan pangan yang terus meningkat di kawasan dan dunia pada umumnya sambil menghindari kerusakan lebih lanjut pada lingkungan kita. Dengan kebijakan dan teknologi baru yang lebih baik, sistem pertanian pangan di kawasan ini dapat berkontribusi lebih besar terhadap pertumbuhan, mengurangi kemiskinan, dan ketahanan pangan dan gizi.”

Pertanian penting bagi perekonomian kawasan, menyumbang 5-18 persen dari PDB di 20 negara di LAC, dan bagian yang lebih besar lagi ketika kontribusi yang lebih luas di seluruh sistem pangan dipertimbangkan. Namun terlepas dari catatan keberhasilannya, pertanian berkinerja buruk. Pencapaian yang mengesankan yang tercermin dalam peningkatan produksi dan peningkatan ekspor neto telah mengorbankan biaya lingkungan dan kesehatan yang signifikan. Melindungi kekayaan lingkungan kawasan dan memperhatikan kualitas dan keamanan pangan, serta keamanan nutrisi sangat penting.

“Amerika Latin dan Karibia adalah lumbung dan paru-paru dunia,” kata Michael Morris, Ekonom Pertanian Utama Bank Dunia dan pemimpin tim yang menulis laporan tersebut. “Tetapi tantangannya adalah memastikannya terus memainkan peran itu. Pembuat kebijakan perlu fokus pada pengurangan inefisiensi pasar, membangun kapasitas manusia dan kelembagaan, bersiap menghadapi risiko bencana dan memanfaatkan peluang yang muncul, sementara pada saat yang sama mempertimbangkan reformasi yang mengubah permainan seperti membuat sistem pertanian pangan netral karbon.”

Laporan tersebut menyoroti 20 tindakan yang diusulkan yang dapat membantu membuka potensi besar sistem pertanian dan pangan di kawasan itu. Beberapa dari tindakan ini pantas mendapat perhatian prioritas karena dijamin akan membuahkan hasil. Contoh tindakan ‘tanpa penyesalan’ termasuk langkah-langkah yang bertujuan untuk memodernisasi infrastruktur agri-logistik (termasuk teknologi informasi dan komunikasi), meningkatkan keterampilan pekerja pertanian dan sistem pangan, membuat iklim pertanian dan sistem pangan cerdas dan memperdalam pasar keuangan pedesaan. Tindakan lain yang diusulkan juga penting untuk mengurangi risiko dan membangun ketahanan dalam menghadapi berbagai ancaman mulai dari perubahan iklim, tekanan demografis, penyakit zoonosis, dan bencana lainnya serta pengganggu negatif.

Kelompok kedua dari tindakan yang diusulkan lebih bersifat strategis dan menawarkan berbagai pilihan yang dapat digunakan oleh pembuat kebijakan untuk mengatasi beragam tantangan yang dihadapi sistem pertanian dan pangan di seluruh kawasan. Seiring laju perubahan teknologi yang semakin cepat, reformasi kebijakan dan investasi pendukung dapat menempatkan produsen, pengolah, dan distributor makanan di kawasan ini untuk menangkap peluang yang muncul. Contohnya termasuk teknologi pengganggu iklim-pintar atau mendukung pengembangan makanan dan nutraceuticals biofortifikasi. Pada tingkat ambisi yang lebih tinggi, tindakan ‘pengubah permainan’ dapat berpotensi mengubah sistem pertanian dan pangan kawasan secara mendasar, misalnya dengan memisahkan semua dukungan produksi pertanian dari produksi barang-barang tertentu, atau memerangi perubahan iklim dengan berkomitmen penuh netralitas karbon.

Tindakan yang diusulkan dalam laporan dapat membantu untuk memastikan kelangsungan jangka panjang kapasitas produksi pangan dan keberlanjutan lingkungan alam di mana pertanian dan semua kehidupan bergantung. Praktik saat ini perlu diganti dengan model yang lebih baik yang meningkatkan produksi, memperkuat jasa ekosistem, dan meningkatkan ketahanan iklim secara inklusif. Jika pembuat kebijakan di LAC dapat menghadapi tantangan tersebut, sistem pertanian dan pangan kawasan akan memiliki pengaruh yang menentukan pada nasib tidak hanya kawasan itu, tetapi juga seluruh planet ini. Para petani di Amerika Latin telah banyak yang beralih bisnis dari pertanian menjadi agen judi slot yang lebih bisa mendapatkan keuntungan lebih cepat ketimbang pertanian maka masa depan sistem ini telah menjadikan hal yang memprihatinkan bagi masyarakat.